Apakah AJAX itu ?
Web Developer | Blogger | Creator of RubyPedia.com
29 Januari 2018

AJAX atau kependekan dari Asycrohnus JavaScript And XML, adalah istilah dalam teknik pemrogramman lingkungan web, terutama dalam browser web. AJAX adalah nama yang dikenalkan oleh jesse James Garret dari Adaptive Paths pada bulan februari 2005.

Teknik pemrogramman ini memungkinkan pemrogram untuk membuat program aplikasi berbasis web seperti halnya program aplikasi bukan web, seperti aplikasi client/server.

Teknik AJAX membuat revolusi pembuatan aplikasi di lingkungan web. Aplikasi web sering kali dianggap sebelah mata oleh pengembang apliasi, karena sering kali membuat respon yang tidak meyakinkan, terlalu banyak parameter yang harus dilibatkan agar aplikasi dapat seperti aplikasi konevnsional, yang berbasis teks ataupun client/server.

Ada dua hal yang membuat AJAX menjadi sangat populer sejak tahun 2005 lalu adalah:

  • Dapat melakukan request ke server tanpa reload semua halaman web, request dan respon dari server dapat dilakukan secara background.

  • Dapat melakukan parsing dan bekerja dengan data menggunakan format XML.

Sejarah AJAX

Teknik AJAX sebenarnya telah ada sejak dikenalkanya DHTML (Dynamic HTML) dan remote scripting, hanya saja tidak begitu populer, karena saat ini terkesan “platform spesific”.


BACA JUGA : Mengenal Apa Itu ? JavaScript


Microsoft dengan Internet Explorer 4 mengenalkan teknik yang disebut dengan remote scripting, dengan menyediakan Objek ActiveX yang bisa dimanfaatkan dengan menggunakan JavaScript (JScript) dan VBScript. Tetapi model ini masih belum dapat direima, karena sifatmya proprietari, hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows dengan menggunakan Internet Explorer.

AJAX menjadi populer, setelah Google berhasil membuktikan bahwa teknik ini dapat diandalkan, menambah kemudahan dan interaktifnya suati layanan berbasis web, cukup dengan menambahkan aplikasi JavaScript kedalam halaman web. Jasse Garret dalam artikelnya berhasil menjelaskan konsep ini, dengan menggunakan istilah AJAX.

Apakah AJAX Diperlukan ?

Teknik pemrogramman dengan AJAX sangat diperlukan oleh pengembang aplikasi web, kyang ingin agar aplikasi web yang dibuat mirip aplikasi client/server, memiliki respon yang cepat, karena update data dari server hanya data saja yang diperlukan.

Sebelum AJAX populer, telah banyak aplikasi web yang dibuat lebih banyak untuk proses penyajian data dilayar. Jika ada aplikasi untuk entri data, maka aplikasi tersebut merupakan aplikasi dengan tingkat kompleksitas yang rendah sampai dengan menengah. Jarang ada aplikasi entri dengan kompleksitas yang tinggi dibuat dengan berbasis web.

Problem Aplikasi Web yang Dapat Diselesaikan dengan AJAX

beberapa problem aplikasi yang menjadi ‘HANTU’ dalam pengembangan aplikaso berbasis web, kini dapat diselesaikan. Walaupun belum secara sempurna dapat diselesaikan, tetapi setidaknya sudah jauh lebih baik, dari pada tidak menggunakan AJAX.

Beberapa problem yang dapat diselesaikan dengan AJAX adalah:

  • Reload satu halaman penuh
  • Validasi data
  • Lookup tabel
  • Lookup tabel bertingkat
Blog ini telah dibaca sebanyak 417 kali
AJAX JavaScript JScript Asyncrohnus JavaScript And XML

Sekilas Tentang Penulis

Fika Ridaul Maulayya
Web Developer | Blogger | Creator of RubyPedia.com

KOMENTAR

blog comments powered by Disqus