Deklarasi Variabel dengan Const pada javascript (es2015)
Seorang web programmer yang bekerja secara remote dan saat ini tinggal di kota Pekalongan. Tertarik belajar apa saja tentang Javascript.
27 September 2017

Selain var dan let, di es2015 deklarasi variabel bisa menggunakan const. apa bedanya let dengan const, secara sederhana const digunakan untuk mendeklarasikan variabel yang readonly, tapi bukan berarti variabel tersebut immutable(tetap) hanya saja variabel tersebut tidak bisa dideklarasi ulang,baik menggunakan keyword var,let atau const itu sendiri atau menginisialisasi ulang nilainya.

Konten variabelnya sendiri masih bisa diubah,Misalnya dalam kasus jika nilai variabel const nya adalah object,maka kontent objek tersebut bisa diubah. untuk lebih memahami penggunaan const, kita bisa melihat contohnya seperti di bawah ini :

Contoh 1

const MY_NUMBER = 10;
MY_NUMBER  = 11; //error : ‘Uncaught TypeError: Assignment to constant variable.’
const MY_NUMBER = 12;
var MY_NUMBER = [1,2,3]; //error : Uncaught SyntaxError: Identifier 'MY_NUMBER' has already been declared

variabel MY_NUMBER tidak bisa diberi nilai ulang atau dideklarasikan ulang.

Contoh 2

const a = 10
if(a == 10)
{
  let a = 20;
  console.log(a); //output : 20
}

sama halnya dengan let, pada const juga berlaku block scope, artinya meskipun variabel a dideklarasikan dengan keyword const, tp ketika di dlm block/statement if kita membuat variabel dengan nama yang sama (a), maka itu dianggap sebagai variabel tersendiri/berbeda.

Contoh 3

{
  const MY_NUMBER = 10;
}
console.log(MY_NUMBER) // error ‘Uncaught ReferenceError: MY_NUMBER is not defined’

karena variabel MY_NUMBER dideklarasikan pada sebuah blok,maka variabel MY_NUMBER tidak bisa diakses dari luar blok tersebut sama seperti halnya dengan keyword let.

Contoh 4

//deklarasi variabel dengan tipe data array menggunakan keyword "const"
const MY_ARRAY = [1,2];
MY_ARRAY.push(3);
console.log(MY_ARRAY); //ouput : [1,2,3]
//deklarasi variabel dengan tipe data object menggunakan keyword "const"
const MY_OBJECT = {key: ‘value’};
MY_OBJECT.otherKey = ‘other value’;
console.log(MY_OBJECT); //ouput : {"key":"value","otherKey":"other value"}

pada contoh ke 4, seperti yang sudah dijelaskan diawal tulisan ini, bahwa variabel yang dideklarasikan dengan const,konten variabelnya tidak immutable alias bisa diubah.

Seperti pada kondisi jika variabel itu adalah sebuah array atau object,maka konten dari variabel itu bisa diubah seperti contoh di atas. untuk object, jika kita ingin membuatnya immutable. maka bisa menggunakan Object.freeze, contohnya seperti ini :

const MY_OBJECT = Object.freeze({key: 'value'});
MY_OBJECT.otherKey = 'other value'; //menambahkan key baru ke dalam object
console.log(MY_OBJECT); // output : {"key":"value"}

konten object ‘MY_OBJECT’ di atas tidak berubah meskipun di line setelahnya kita mencoba menambahkan key/parameter baru ke dalam object tsb.

Untuk mencoba script di atas,km bisa menggunakan layanan console es6 online seperti situs ini salah satunya https://es6console.com/. Itu saja utk tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat, kalau ada kesalahan pada pembahasan di atas. mohon kritik dan sarannya, terima kasih & happy coding :)

Referensi : https://developer.mozilla.org/en-US/docs/Web/JavaScript/Reference/Statements/const

Blog ini telah dibaca sebanyak 504 kali
javascript es2015 variabel const pemula

Sekilas Tentang Penulis

Rizqi Maulana
Seorang web programmer yang bekerja secara remote dan saat ini tinggal di kota Pekalongan. Tertarik belajar apa saja tentang Javascript.

KOMENTAR

blog comments powered by Disqus